SEDAPNYA SUP KEPALA IKAN BUMBU KHAS BALI



Harian Terviral - Pulau Bali seakan tak pernah habis menawarkan sensasi kelezatan olahan penganan dengan bumbu racikan yang khas. Salah satu menu makanan yang patut dicoba adalah sup kepala ikan. Menu satu ini memang menu makanan khas Pulau Dewata. Salah satu rumah makan terkenal di kawasan Denpasar yang menawarkan menu makanan sup kepala ikan adalah Be Sanur.

Rumah makan ini terletak di Jalan Tantular Nomor 99 Denpasar. Tak sulit untuk menjangkaunya, sebab lokasinya terletak di pusat pemerintahan Provinsi Bali di kawasan Renon. Bahan dasar makanan ini bisa menggunakan berbagai jenis ikan. Ketut, salah seorang pegawai di Be Sanur menjelaskan, bahan dasar ikan yang biasa digunakan bervariasi. "Bahan dasarnya bisa ikan cakalang, ikan bawal, Napoleon dan lain-lain.

Sepintas, menu olahan di rumah makan yang berdiri sejak tahun 2007 itu tampak sederhana. Sup kepala ikan di rumah makan ini disajikan bersama ikan goreng dan sambal, plus nasi putih. Namun, begitu mencicipi sup dengan bumbu genap khas Bali, kelezatannya seolah melekat di lidah. Meski berbahan dasar ikan, namun tak ada rasa amis sedikit pun. Gurih, pedas, manis dan sedikit rasa asam menjadi satu.

Meski bernama sup kepala ikan, namun tak melulu dalam semangkuknya hanya ada kepala ikan. Dalam beberapa kesempatan disajikan juga bersama dengan daging ikan. Biasanya, dalam semangkuk sup kepala ikan disajikan bersama mentimun yang lembut.



Sambalnya jangan ditanya, pedasnya bisa bikin Anda mandi keringat. Sambal di sini agak berbeda dengan sambal kebanyakan khas Bali yang disajikan di beberapa rumah makan. Sambalnya berwarna hitam lantaran campuran terasi. Namun inilah yang membuat pengunjung ketagihan. Menikmati ikan goreng yang sudah diolesi sambal, lalu menyeruput sup kepala ikan, sensasinya sudah barang tentu luar biasa. Pedas dicampur gurih menambah selera makan kita terpacu.

Soal harga, rumah makan yang buka mulai pukul 07.00 WITA dan tutup pukul 22.00 WITA ini tak bikin kantong bolong. Satu paket sup kepala ikan berisi semangkuk sup, sepiring ikan dan nasi putih dibanderol seharga Rp35 ribu. Anda ingin mencoba? Silakan langsung datangi rumah makan Be Sanur yang hanya tutup ketika hari raya besar umat Hindu saja.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.