ASAL MULANYA NASI GORENG


Perut masyarakat Indonesia sudah sangat akrab dengan nasi goreng. Di restoran, warung, bahkan lesehan jalanan selalu menghadirkan nasi goreng. Selain nikmat, nasi goreng juga tergolong makanan yang merakyat. Harganya itu lho, murah banget.

Tahukah kamu bagaimana sejarah nasi goreng yang sudah lekat dengan masyarakat kita?

Nasi goreng ternyata sudah akrab dengan masyarakat di Indonesia, hingga orang tidak lagi peduli dari mana asalnya. Makanan satu ini sebenarnya adalah resep bawan dari negeri tirai bambu. Nasi goreng ternyata sudah ada di negara Cina sejak 4.000 tahun SM. Wah lama juga yah.

Masyarakat Cina memang sudah akrab dengan nasi. Terciptanya nasi goreng berasal dari kecenderungan masyarakat Cina yang sayang membuang nasi sisa. Untuk mengakali agar tidak mubazir, mereka memilih menggoreng kembali nasi yang sisa. Agar tetap enak, nasi sisa digoreng lagi dan ditambahi bumbu, juga isian seperti sayur dan ayam. Jadilah nasi goreng.

Bagaimana bisa sampai di Indonesia?

Pada abad ke-10, masyarakat Tionghoa mulai masuk ke Indonesia. saat itu mereka tersebar di berbagai pulau. Di tempat yang mereka diami, dibuatlah nasi goreng. Namun yang berbeda, nasi goreng tersebut disesuaikan dengan bahan yang terdapat ditempat tersebut. Makanya ada nasi goreng seafood untuk orang daerah pantai dan nasi goreng sayur untuk masyarakat pegunungan.



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.